RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN PERANGKAT LISTRIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN NODEMCU

ZULFAHMI. S, ZULFAHMI. S (2021) RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN PERANGKAT LISTRIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN NODEMCU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
1604411331_Zulfahmi S.pdf

Download (5MB)

Abstract

Zulfahmi. S. 2020. Sistem Pengendalian Perangkat Listrik Rumah Tangga Menggunakan Nodemcu . (dibimbing oleh Rusmala dan Andi Rosman). Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pengendalian perangkat lsirtik rumah tangga menggunakan nodemcu, dimana perangkat lisrtik akan dikontrol menggunakan smartphone sehingga mempermudah masyarakat saat mengontrol perangkat listrik. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and development (R&D) yang mengembangkan sistem pengendalian perangkat lsitrik menggunakan metode pengembangan prototype. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem ini, pengguna dapat mengontrol perangkat listrik kapanpun dan dimanapun tanpa batasan ruang dan waktu dengan menggunakan dua metode yaitu menggunakan perintah suara google assistant dan virtual button yang terdapat pada aplikasi blynk. Mode perintah suara google assistant bekerja berdasarkan perintah suara yang di inputkan melalui google assistant yang akan diterima oleh aplikasi blynk dan nodemcu akan merespon perintah tersebut kemudian relay akan mengeksekusi perintah berdasarkan perintah yang di inputkan melalui google assistant untuk menghidupkan dan mematikan perangkat listrik. Mode virtual button adalah mode dimana kita mengontrol perangkat listrik menggunakan virtual button pada aplikasi blynk, kemudian nodemcu akan merespon perintah dari blynk dan relay akan mengeksekusi perintah tersebut untuk mengontrol perangkat listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRUSMALA, Rusmala, S.Kom.,M.KomNIDN0908048303
UNSPECIFIEDROSMAN, Andi Rosman N. S.Si., M.SiNIDN0910088703
Uncontrolled Keywords: nodemcu, smartphone, sistem pengendalian, relay, google assistant, blynk, virtual button, manual button.
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:34
Last Modified: 30 Dec 2021 03:34
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item