ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN GENDER

YOGI, AHMAD (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN GENDER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Ahmad Yogi (1801513007).pdf

Download (6MB)

Abstract

Ahmad Yogi (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru dalam Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Kognitif dan Gender (dibimbing oleh Ma’rufi dan Nurdin). Berpikir visual sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika utamanya masalah geometri dengan berpikir visual konsep-konsep, masalah-masalah matematika yang abstrak di refresentasikan kebentuk yang sederhana, sehingga mudah dipahami, dan masalah yang ada dapat diselesaikan dengan baik. Kemampuan berpikir visual mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya gaya kognitif dan gender. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir visual mahasiswa calon guru dalam pemecahan masalah geometri berdasarkan gaya kognitif dan gender. Penelitian ini di laksanakan pada bulan maret – april tahun ajaran 2020/2021 di Program Studi Pendidikan matematika FKIP UNCP. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prorag studi pendidikan matematika angkatan 2017 yang terdiri 1 mahasiswa laki-laki yang memiliki gaya kognitif field independent, 1 mahasiswa laki-laki yang memiliki gaya kognitif field dependent, 1 mahasiswa perempuan yang memiliki gaya kognitif field independent, dan 1 mahasiswa perempuan yang memiliki gaya kognitif field dependent. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen utama (peneliti) dan instrumen pendukung (tes GEFT, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara). Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Data yang diperoleh dilakukan pemeriksaan keabshan data dengan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan menafsirkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent baik laki-laki maupun perempuan mampu melakukan proses berpikir visual dalam menyelesaikan masalah geometri, mahasiswa mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali dengan interaksi indikator berpikir visual yaitu melihat, mengenali, membayangkan serta memperlihatkan dan menyampaikan. 2) Mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent baik laki-laki maupun perempuan kurang mampu dalam melakukan proses berpikir visual dalam menyelesaikan masalah geometri, sehingga mahasiswa belum mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali dengan interaksi indikator berpikir visual yaitu melihat, mengenali, membayangkan serta memperlihatkan dan menyampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDNURDIN, Dr. Nurdin, M.SiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: berpikir visual, gaya kognitif, gender, geometri.
Subjects: Tugas Akhir
Tugas Akhir > Tesis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:59
Last Modified: 29 Dec 2021 07:59
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item