PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SUKAMAJU

SYAFRUDDIN, SYAFRUDDIN (2021) PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SUKAMAJU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SYAFRUDDIN-1901513003.pdf

Download (4MB)

Abstract

yafruddin, 2021. Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Ma’rufi). Iklim sekolah merupakan faktor penting mempengaruhi kinerja guru dalam menjalankan tugasnya karena iklim sekolah yang kondusif berpengaruh positif terhadap guru dalam menjalankan tugas. Motivasi kerja juga merupakan faktor penting meningkatkan kinerja guru. Iklim sekolah dan motivasi kerja yang baik akan berdampak positif terhadap kinerja guru dalam pembelajaran matematika di UPT sekolah dasar negeri di kecamatan sukamaju. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi iklim sekolah di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju. (2) deskripsi motivosi kerja guru di UPT Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sukamaju, (3) deskripsi kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju, (4) pengaruh iklim sekolah terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju, (5) pengaruh motivasi kerja terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju, (6) pengaruh iklim sekolah dan motivasi kerja terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju pada tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di UPT Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan pertimbangan kondisi sekolah yang di masa pandemi Covid-19, sehingga guru tidak selalu hadir di sekolah bersamaan setiap hari. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner iklim sekolah, kuesioner motivasi kerja guru, dan kuesioner kinerja guru dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menjukkan (1) deskripsi iklim sekolah di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju berada pada kategori sedang. (2) deskripsi motivosi kerja guru di UPT Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sukamaju sedang, (3) deskripsi kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju berada pada kategori sedang, (4) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju (5) terdapat pengaruh secara signifikan motivasi kerja terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju (6) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah dan motivasi kerja terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukamaju secara simultan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
Uncontrolled Keywords: Iklim Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Subjects: Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika
Tugas Akhir
Tugas Akhir > Tesis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:41
Last Modified: 29 Dec 2021 07:41
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item