EFEKTIVITAS BUDIDAYA TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa l) DENGAN NUTRISI AB MIX DAN MEDIA TANAM COCOPEAT PADA SISTEM HIDROPONIK

HIKMAL, HIKMAL (2021) EFEKTIVITAS BUDIDAYA TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa l) DENGAN NUTRISI AB MIX DAN MEDIA TANAM COCOPEAT PADA SISTEM HIDROPONIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HIKMAL- 1602406059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hikmal. 2020. Efektivitas Budidaya Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L) dengan Nutrisi Ab Mix dan Media Tanam Cocopeat pada Sistem Hidroponik (Dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Ulfah Zakiyah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Budidaya Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L) dengan Nutrisi Ab Mix dan Media Tanam Cocopeat pada Sistem Hidroponik. Penelitian ini akan dilaksanakan di Rumah Hidroponik Fakultas Pertanian Kampus II Universitas Cokroaminoto Palopo, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020 sampai selesai. Metode percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode RAL dengan 3 perlakuan yang masing-masing diulangi sebanyak 4 kali sehingga terdapar 12 unit percobaan, P0 : Kontrol, P1 : Media cocopeat 2 gr dan nutrisi Ab Mix dengan dosis15 ml/liter, P2 : Media cocopeat 3 gr dan nutrisi AB Mix dengan dosis 15 ml/liter, P3 : Media cocopeat 4 gr dan nutrisi AB Mix dengan dosis 15 ml/liter. Hasil penelitian pemberian media tanam cocopeat dan ab mix pada tanaman pakcoy memberikan hasil yang tidak berbeda nyata terhadap semua parameter pengamatan, tetapi memberika hasil terbaik pada beberapa perlakuan. Dosis terbaik untuk parameter tinggi tanaman, jumlah daun, dan bobot segar yaitu media tanam cocopeat 2 gr dan ab mix 15 ml/liter air, selanjutnya pada parameter lebar daun dosis terbaik yaitu media tanam cocopeat sebanyak 3 gr dan ab mix sebanyak 15 ml/liter air, dan pada parameter panjang akar dosis terbaik yaitu media tanam cocopeat sebanyak 4 gr dan ab mix sebanyak 15 l/liter air. Hal ini diduga karena pengunaan media tanam cocopeat yang mampu menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dan mampu mengikat nutrisi ab mix yang diberikan selama pertumbuhan tanaman pakcoy sehingga memberikan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIRUDDIN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDZAKIYAH, Ulfah Zakiyah, S,Pd., M.ScNIDN0907128802
Uncontrolled Keywords: pakcoy, cocopeat, nutrisi Ab mix
Subjects: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agroteknologi
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:10
Last Modified: 22 Dec 2021 04:10
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item