PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN USAHATANI PADI (Oryza Sativa L) DI DESA PONG SAMELUNG KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU KABUPATEN LUWU)

ROHMAN, ABDUL (2021) PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN USAHATANI PADI (Oryza Sativa L) DI DESA PONG SAMELUNG KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU KABUPATEN LUWU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ABDUL ROHMAN_1702405158.pdf

Download (923kB)

Abstract

Abdul Rohman. 2021. Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Peningkatan Usahatani Padi (Oryza Sativa L) di Desa Pong Samelung Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Suaedi dan Marlina Bakri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Peningkatan Usahatani padi (Oryza Sativa L) di Desa Pong Samelung Kecamatan Luwu Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data skunder dan data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung dengan menggunakan instrumen penelitian. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa kegiatan Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Peningkatan Usahatani padi di Desa Pong Samelung Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu adalah: (1) dapat meningkatan koordinasi antara penyuluh dan petani (2) untuk menumbuhkan rasa kepercayaan petani kepada penyuluh (3) meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang pertanian modern (4) menjadi wadah atau sarana bagi petani dalam menyampaikan keluhan atau kendala yang sedang dialami saat melakukan kegiatan usahatani (5) peran aktif penyuluh dan petani dalam peningkatan usahatani padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDBAKRI, Dr. Marlina Bakri, M. PdNIDN0930118303
Uncontrolled Keywords: Peran Penyuluh; Peningkatan; Usahatani Padi.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Dec 2021 04:37
Last Modified: 21 Dec 2021 04:37
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item