PENERAPAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) PASCA PANEN PETANI KAKAO DI DESA UJUNG MATTAJANG KECAMATAN MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA

FEBRIYANTI, MADE YENNY (2021) PENERAPAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) PASCA PANEN PETANI KAKAO DI DESA UJUNG MATTAJANG KECAMATAN MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MADE YENNY FEBRIYANTI-1702405006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Made Yenny Febriyanti. 2021. Penerapan Standar Prosedur Operasional (SPO) Pasca Panen Petani Kakao di Desa Ujung Mattajang Kecamatan Mappedecang Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Suaedi dan Marlia Muklim). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Standar Prosedur Operasional (SPO) dalam pasca panen kakao di Desa Ujung Mattajang Kecamatan Mappedecang Kabupaten Luwu Utara. Penentuan sampel diambil secara simple random sampling yang diambil secara acak berdasarkan ketersediaan dari responden dengan jumlah responden 20 orang petani kakao. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca panen merupakan kegiatan yang dilakukan setelah pemanenan maka yang dilakukan oleh petani kakao di Desa Ujung Mattajang Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara dalam pasca panen kakao dimulai dari sortasi (pemeraman buah), pembelahan atau pemecahan buah, fermentasi biji kakao, pengeringan dan penyimpanan. Petani responden belum sepenuhnya menerapan Standar Prosedur Operasional (SPO) pasca panen kakao dengan baik. Dari 5 (lima) Standar Prosedur Operasional (SPO) penanganan pasca panen kakao terdapat dua prosedur yang belum sepenuhnya dilaksanakan oleh petani responden yaitu 10% petani responden tidak melaksanakan pemeraman buah namun petani sudah melaksanakan sortasi pada buah kakao dan 25% petani responden tidak melaksanakan fermentasi sedangkan ada tiga prosedur yaitu pemecahan buah, penjemuran, dan penyimpanan yang telah dilakukan oleh semua petani responden sebanyak 100%. Alasan petani responden tidak menerapkan prosedur pemeraman buah dan fermentasi yakni proses dan waktu yang dibutuhkan cukup lama, sementara petani menginginkan segala sesuatunya harus dikerjakan secara mudah dan cepat. Diharapkan para petani dapat memahami dan menerapkan Standar Prosedur Operasional (SPO) terutama untuk proses sortasi (pemeraman buah) dan fermentasi dalam kegiatan pasca panen kakao agar kakao yang dihasilkan berkualitas dan bermutu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDMUKLIM, Dr. Hj. Marlia Muklim, S.Pd.,M.pdNIDN0902068401
Uncontrolled Keywords: Standar Prosedur Operasional (SPO) Kakao, Kualitas Biji Kakao, Pasca Panen Kakao.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:42
Last Modified: 21 Dec 2021 03:42
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item