HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI PETANI DENGAN POLA RENCANA DEFINITIF KEBUTUHAN KELOMPOK (RDKK) PUPUK BERSUBSIDI DI DESA TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

WAHYUNI. R, WAHYUNI. R (2021) HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI PETANI DENGAN POLA RENCANA DEFINITIF KEBUTUHAN KELOMPOK (RDKK) PUPUK BERSUBSIDI DI DESA TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
WAHYUNI-1602405006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahyuni R. 2021. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Dengan Pola Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Pupuk Bersubsidi di Desa Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Suaedi dan Marlina Bakri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karateristik sosial ekonomi petani dengan pola rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) pupuk bersubsidi di Desa Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang mengacu pada sebuah studi korelasional (hubungan) dari satu variabel dengan variabel lain. studi korelasional dengan mewawancarai beberapa responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sosial ekonomi petani (umur menunjukkan hasil signifikansi diperoleh sebesar 0.809, tingkat pendidikan Nilai signifikansi dapat dilihat bahwa sig sebesar 0.943 > 0.05, lama berusaha tani nilai coefision correlate (rs) adalah -0.030, dengan sig 0.899>0.0, dan jumlah tanggungan menunjukkan bahwa rs= -0.138, tingkat hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan hubungan yang sangat lemah dengan nilai signifikan -0.563 > 0.05 yang bersifat negatif) tidak memiliki hubungan dengan pola rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) pupuk bersubsidi, sedangkan karakterisik sosial ekonomi petani (luas lahan menunjukkan nilai coefisien correlation (rs) 0.914** dengan sig sebesar 0.01 sebagaimana dasar pengambilan keputusan yaitu nilai koefisien corelasi antara luas lahan dengan pola RDKK pupuk subsidi sangat kuat dan bersifat positif dan produktivitas nilai koefisien korelasi rank spearman (rs) = -0.786** yang berarti hubungan antara produktivitas dengan pola RDKK pupuk bersubsidi memiliki hubungan yang kuat namun bersifat negatif) memiliki hubungan yang kuat dengan pola RDKK pupuk bersubsidi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDBAKRI, Dr. Marlina Bakri, M. PdNIDN0930118303
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Karakteristik Sosial Ekonomi, Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK)
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:58
Last Modified: 17 Dec 2021 06:58
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item