KARAKTERISASI KARBON AKTIF DARI SELULOSA LIMBAH SERAT SAGU (Metroxylon Sago) MENGGUNAKAN SEM (Scanning Electron Microscopy)

BA’TAN, SELVIKA (2021) KARAKTERISASI KARBON AKTIF DARI SELULOSA LIMBAH SERAT SAGU (Metroxylon Sago) MENGGUNAKAN SEM (Scanning Electron Microscopy). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Selvika Ba'tan_1703410023_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Selvika Ba’tan. 2021.Karakterisasi Karbon Aktif Dari Selulosa Limbah Serat Sagu (Metroxylon Sago)Menggunakan Sem (Scanning Electron Microscopy) (dibimbing oleh Nurmalasari dan Muhammad Nur Alam) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfologi dari karbon aktif yang di karakterisasi dari selulosa limbah serat sagu menggunakan SEM dan untuk mengetahui kandungan unsur dari karbon aktif menggunakan EDX (Energy Dispersive X-Ray). Pembuatan karbon aktif dari selulosa limbah serat sagu di lakukan dengan metode karbonisasi tanpa oksigen, di aktivasi menggunakan KOH kemudian di kalsinasi pada suhu 700oC selama 5 jam. Karakterisasi gugus fungsi pada serat sagu, selulosa dan karbon aktif menggunakan FTIR, dan karakterisasi morfologi dan kuantitas unsur menggunakan SEM EDX. Berdasarkan hasil pengujian FTIR gugus fungsi yang ditemukan pada serat sagu dan selulosa yaitu O-H, CH Alifatik, CH2 Bending, C-O, C-O-C. Sedangkan pada karbon aktif yaitu O-H, C-H, C=O, CH2, C-O, C-C. Untuk pengujian SEM, pada serat sagu dengan perbesaran 1.000 kali diperoleh luas permukaan yang tidak seragam atau heterogen ada yang berbentuk bola (sferis), dan berbentuk datar (flat) dengan ukuran partikel20-53 μm. Untuk permukaan karbon yang tidak di kalsinasi, bentuk partikel dari hasil uji SEM memiliki bentuk lurus dan beraturan. Setelah karbon aktif di kalsinasi, permukaan karbon mengalami perubahan, karena telah melalui pemanasan selama 5 jam pada suhu 700oC. Bentuk partikel dari hasil uji SEM tidak seragam atau heterogen berbentuk bola (sferis), datar (plast), dan lurus dengan ukuran partikel 11-21μm . Hasil pengujian EDX serat sagu yaitu Karbon, Oksigen, Nitrogen, Silikon, Kalsium, Magnesium, Kalium. Pada karbon aktif sebelum dikalsinasi yaitu Karbon, Oksigen, Silikon, Kalsium, Magnesium, Kalium. Sedangkan untuk karbon aktif setelah di kalsinasi memiliki unsur Karbon, Oksigen, Silikon, Kalsium, Magnesium, Sodium, Aluminium, Kalium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNURMALASARI, Nurmalasari S, S.Si., M.ScNIDN0929078703
UNSPECIFIEDALAM, Muhammad Nur Alam S.Si., M.SiNIDN0902098901
Uncontrolled Keywords: Karbon aktif; Selulosa; FTIR, SEM, EDX
Subjects: Fakultas Sains > Kimia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Sains > Program Studi S1 Kimia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:18
Last Modified: 14 Dec 2021 03:18
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item