KARAKTERISASI KARBON AKTIF DARI SELULOSA LIMBAH SERAT SAGU TERAKTIVASI KOH MENGGUNAKAN FTIR (FOURIER TRANSFORM INFRARED)

LESTARI, SASTRIANA JAYA (2021) KARAKTERISASI KARBON AKTIF DARI SELULOSA LIMBAH SERAT SAGU TERAKTIVASI KOH MENGGUNAKAN FTIR (FOURIER TRANSFORM INFRARED). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Sastriana Jaya Lestari_1703410028_SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sastriana Jaya Lestari. 2021. Karakterisasi Karbon Aktif dari Selulosa Limbah Serat Sagu Teraktivasi KOH Menggunakan FTIR (Fourier Transform Infrared) (dibimbing oleh Nurmalasari dan Muhammad Nur Alam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter gugus fungsi karbon aktif dari selulosa serat sagu, serta perbandingan karakter gugus fungsi dari karbon aktif selulosa, karbon aktif hidrotermal dan karbon aktif pirolisis berdasarkan hasil FTIR. Sumber karbon yang digunakan berasal dari selulosa yang dihasilkan dari proses delignifikasi lignoselulosa pada limbah serat sagu menggunakan NaOH. Selulosa yang dihasilkan kemudian diproses menjadi karbon aktif. Pembuatan karbon aktif dilakukan dengan metode karbonisasi tanpa oksigen, diaktivasi secara kimia dengan basa KOH kemudian dikalsinasi pada suhu 700°C. Karakterisasi gugus fungsi dari selulosa dan karbon aktif dilakukan menggunakan FTIR (Fourier Transform Infrared). Hasil analisis FTIR menunjukkan bahwa karbon aktif dari selulosa serat sagu mengandung gugus fungsi C=O, CH2, C-O dan C-C yang intensitasnya semakin meningkat setelah dikalsinasi pada suhu 700°C, sedangkan gugus O-H intensitasnya semakin menurun sehingga menunjukkan perbedaan dengan karbon sebelum kalsinasi yang masih menunjukkan intensitas yang kuat dan lebar pada gugus tersebut. Adanya gugus O-H dan C-H menandakan karbon yang dihasilkan bersifat polar. Perbandingan karakter gugus fungsi pada karbon aktif selulosa, karbon aktif hidrotermal, dan karbon aktif pirolisis menunjukkan ketiganya memiliki gugus fungsi C=O, CH2 dan C-O yang kuat, perbedaan karbon aktif ditunjukkan pada gugus fungsi non karbon (O-H) pada karbon aktif selulosa yang semakin menurun intensitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNURMALASARI, Nurmalasari S, S.Si., M.ScNIDN0929078703
UNSPECIFIEDALAM, Muhammad Nur Alam S.Si., M.SiNIDN0902098901
Uncontrolled Keywords: Selulosa; Karbon Aktif; Kalsinasi; FTIR
Subjects: Fakultas Sains > Kimia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Sains > Program Studi S1 Kimia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:20
Last Modified: 13 Dec 2021 04:20
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item