RANCANG BANGUN APLIKASI PANGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID PADA DAMKAR LUWU UTARA

WAHDALIFA, WAHDALIFA (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI PANGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID PADA DAMKAR LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
WAHDALIFA 1604411326.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wahdalifa. 2020. Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android pada Damkar Luwu Utara. (dibimbing oleh Rusmala dan Budyanita Asrun). Pelaporan masyarakat tentang kejadian kebakaran kepada pemadam kebakaran luwu utara, masih menggunakan telepon seluler, menyampaikan informasi kebakaran lewat telepon, menjelaskan lokasi kejadian lewat telepon, sehingga sering kali pemadam kebakaran salah menuju lokasi kejadian. Peneliti bermaksud untuk mengembangkan sistem pelaporan mayarakat pada pemadam kebakaran (damkar) luwu utara dengan membuat aplikasi berbasis android menggunakan sketchware version 3.10.0 dan bahasa pemograman java sebagai databasenya. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan pelaporan masyarakat dengan mudah karena adanya sistem berbasis android, yang dapat diakses diamanapun dan kapanpun, sehingga pihak pemadam kebakaran(damkar) terbantu dalam menjalankan tugas dengan menerima informasi yang lebih jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRUSMALA, Rusmala, S.Kom.,M.KomNIDN0908048303
UNSPECIFIEDASRUN, Budyanita Asrun, S.Si.,M.SiNIDN0909058902
Uncontrolled Keywords: Pelaporan Masyarakat, Pemadam Kebakaran (Damkar) Luwu Utara, Android, Java, Dan Sketchaware Version 3.10.0.
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:26
Last Modified: 11 Dec 2021 03:26
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item