PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 229 LAMUNRE

NURJANNA, NURJANNA (2021) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 229 LAMUNRE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Nurjanna PGSD_1601414253.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurjanna.2020. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 229 Lamunre (dibimbing oleh Andi Kilawati dan Rusdiana Junaid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 229 Lamunre.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey lapangan dengan memberikan tes pada awal sebelum penerapan metode pembelajaran Role Playing dan tes setelah penerapan metode pembelajaran Role Playing kepada siswa sebagai responden. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yang mewakili siswa kelas IV dilokasi penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest ada 20% siswa yang belum mampu mencapai KKM dan pada posttest setelah penerapan metode pembelajaran Role Playing menjadi 85% siswa sudah mampu mencapai KKM yang diberikan. Metode pembelajaran Role Playing sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran IPS karena dapat membuat siswa lebih aktif di kelas dan menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDKILAWATI, Andi Kilawati, S.Pd., M.Pd,NIDN0902079002
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Hasil belajar, IPS
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:44
Last Modified: 09 Dec 2021 04:44
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item