SISTEM PENDETEKSI SERANGAN PADA JARINGAN KOMPUTER BERBASIS SNORT MESSAGE GATEAWAY DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PALOPO

LAMBI D., RESKI TANDI (2021) SISTEM PENDETEKSI SERANGAN PADA JARINGAN KOMPUTER BERBASIS SNORT MESSAGE GATEAWAY DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RESKI TANDI LAMBI D-1504411027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Reski. 2020. Sistem Pendeteksi Serangan Jaringan Komputer Menggunakan Snort Berbasis Snort Message Gateaway di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palopo (Dibimbing oleh Nirsal, dan Baso Ali) Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemanan jaringan internet yang terletak pada laboratorium komputer Sekolah Menenga Pertama Negeri 10 Palopo, kemudian membuat sistem pengamanan jaringan dengan menggunakan aplikasi Snort yang berbasis Snort Meessage Gateaway seinggga admin laboratorium tidak perlu lagi stay di laboratorium apabila terjadinya serangan terhadap jaringan internet di Sekolah Menenga Pertama Negeri 10 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang merupakan riset yang bersifat penjelasan dan menggunakan analisis. Dalam metode ini, proses penelitian lebih diperlihatkan dan juga lebih terfokus pada landasan teori. Secara umum penelitian kualitatif dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Dengan metode ini peneliti akan menganalisis data yang didapatkan dari lapangan. Hasil dari penelitian kualitatif memunculkan teori atau konsep baru jika hasil penelitiannya bertentangan dengan teori dan konsep yang sebelumnya dijadikan sebagai kajian dalam penelitian. Hasil yang diharapkan dari adanya sistem kemanan jaringan dengan menggunakan Snort dapat mencegah orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet dan melakukan cybercrime pada pengguna jaringan internet di SMP Negeri 10 Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNIRSAL, Nirsal, S.Kom., M.PdNIDN0910118302
UNSPECIFIEDALI, Baso Ali, S.Pd., M.PdNIDN0919069801
Uncontrolled Keywords: Snort, SMS Gateaway, IDS, cybercrime
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Fakultas Teknik Komputer > Informatika > Jaringan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:46
Last Modified: 08 Dec 2021 07:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item