PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 3 WALENRANG

ESSE, ESSE (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 3 WALENRANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ESSE-1201402183.pdf

Download (2MB)

Abstract

Esse, 2020. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Setting Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 3 Walenrang.(Dibimbing oleh Suaedi dan Fitriani). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui; (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif tipe jigsaw (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sesudah penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan setting koopertif tipe jigsaw (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah penerapan model penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas (one grup) sebagai kelas eksperimen atau kelas uji coba, Satuan eksperimen dalam satuan ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Walenrang tahun ajaran 2019/2020, Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas eksperimen, diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah setting kooperatif tipe jigsaw, hasil kelas eksperimen dianalisis secara deksriptif dan inferensial. Secara inferensial nilai probabilitas untuk kemampuan pemecahan matematika siswa adalah 0,001 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah penerapan model penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Walenrang. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum penerapan pembelajaran berbasis masalah setting kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori rendah (2) kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah penerapan pembelajaran berbasis masalah setting koopertif tipe jigsaw berada pada kategori Tinggi (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah penerapan model penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori sedang (4) Terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah setting kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDFITRIANI, Fitriani A., S.Pd., M.PdNIDN0905098701
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Berbasis Masalah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:52
Last Modified: 15 Nov 2021 04:52
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item View Item