PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP DATOK SULAIMAN PALOPO

NOVA, NOVA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP DATOK SULAIMAN PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NOVA-1501402048.pdf

Download (2MB)

Abstract

NOVA. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Datok Sulaiman Palopo (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Karmila). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament; (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament; (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Datok Sulaiman Palopo. Kelas diberi perlakuan adalah kelas VII yang ditentukan secara ramdom sampling. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen yaitu lembar observasi, tes kemampuan komunikasi, dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik dengan dua jenis yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 27,59, dengan standar deviasi 5,07 dan variansi 25,71. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 63,70, dengan standar deviasi 16,84, dan variansi 283, 83. Berdasarkan nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan dapat dilihat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu berada dalam kategori sedang. Kemudian hasil analisis data inferensial dinyatakan kedua sampel berdistribusi normal dilihat dari terjadinya peningkatan presentase keaktifan siswa pada setiap indikator pertemuan serta disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament efektif terhadap hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Datok Sulaiaman Palopo. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Datok Sulaiman Palopo setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDKARMILA, Karmila, S.Pd., M.PdNIDN0923049001
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Kemampaun Komunikasi, Matematis.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:42
Last Modified: 15 Nov 2021 04:42
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item