KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALOPO

LEWAR, LAURENSIUS RAPA (2020) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
LAURENSIUS RAPA LEWAR 1501402136.pdf

Download (1MB)

Abstract

Laurensius Rapa Lewar, 2020. “Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dan Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Palopo (Dibimbing oleh Karmila dan Dr. Muhammad Ilyas.) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan Problem Based Learnin (PBL). (2) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan Problem Based Learnin (PBL). (3) hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). (4) hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). (5) perbedaan peningkatan hasil belajar matematikasiswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 4 Palopo yang terdiri atas lima kelas dan empat jurusan yaitu Marketing (pemasaran), administrasiperkantoran, perkantoran,akuntansi, jasa boga, dan TKJ Pemilihan satuan eksperimen menggunakan teknik Purposive sampling dan terpilihlah kelas Pemasaran II dan jasa boga. Data dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistic inferensial. Selanutnya data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan satistik inferensial yaitu dengan uji- t. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan model Problem Based Learning berada pada kategori yang sama yaitu pada kategori terlaksana dengan baik. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Palopo yang diajar setelah menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dan model Problem Based Learning berada pada kategori yang sama yaitu pada kategori tinggi (3) Respon siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Palopo adalah pembelajaran matematika adalah baik. Baik pada kelas yang diterapkannya model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) maupun pada kelas yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Palopo setelah pembelajaran dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDKARMILA, Karmila, S.Pd., M.PdNIDN0923049001
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning, Team Games Tournament (TGT).
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:36
Last Modified: 15 Nov 2021 04:36
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item