PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAMASI

YAYU', YAYU' (2020) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAMASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Yayu_1601402003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yayu’. 2020. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Kecerdasan Emosional Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Fahrul Basir). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education berbasis kecerdasan emosional dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi yang terdiri dari sepuluh kelas dan dengan teknik purposive sampling terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi sebelum diterapkan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbasis kecerdasan emosional berada pada kategori sangat rendah dan setelah diterapkan pendekatan pembelajaran RME berbasis kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi sebelum diterapkan pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat rendah dan setelah diterapkan pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang. (3) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi setelah diterapkan pendekatan pembelajaran RME berbasis kecerdasan emosional berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. (4) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi setelah diterapkan pembelajaran konvensional berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. (5) Peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan pendekatan RME berbasis kecerdasan emosional lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDBASIR, Fahrul Basir, S.Pd.,M.PdNIDN0911088802
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME Berbasis Kecerdasan Emosional , Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:31
Last Modified: 15 Nov 2021 04:31
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item