EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 1 SUKAMAJU SELATAN

LASMANA, KADEK RIKI (2020) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 1 SUKAMAJU SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KADEK RIKI LASMANA_1601402013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kadek Riki Lasmana, 2020. Efektivitas pendekatan pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir logis matematis pada siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Sukamaju Selatan (dibimbing oleh Salwah dan Jumarniati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir logis matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Sukamaju Selatan Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan pendekatan konvensional yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan desain pretest-posttest control grup design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B, siswa kelas VIII A terdiri dari 28 orang, sedangkan siswa kelas VIII terdiri dari 28 orang. Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dimana tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan awal dan akhir dalam kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Sukamaju Selatan Kabupaten Luwu Utara. Hasil penelitian adalah: (1) kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Sukamaju Selatan sebelum diajar dengan pendekatan pemecahan masalah berada pada kategori sedang. (2) kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Sukamaju Selatan setelah diajar dengan pendekatan pemecahan masalah berada pada kategori rendah. (3) respon siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Sukamaju Selatan setelah proses pemebelajaran pendekatan pemecahan masalah berada pada kategori positif. (4) aktivitas siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Sukamaju Selatan setelah proses pemebelajaran pendekatan pemecahan masalah berada pada kategori sangat aktif. (5) kemampuan berpikir logis matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pemecahan massalah tidak baik daripada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSALWAH, Salwah, S.Pd., M.PdNIDN0916108901
UNSPECIFIEDJUMARNIATI, Jumarniati, S.Pd., M.PdNIDN0922078802
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pemecahan masalah, berpikir logis matematis
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:11
Last Modified: 15 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item