EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 PALOPO

MAPALI, BRIYAN GUSMAN (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
BRIYAN GUSMAN MAPALI-1501402080.pdf

Download (27MB)

Abstract

Briyan Gusman Mapali, 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 1 Palopo (Dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Karmila). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil belajar matematika sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing (2) Bagaimana hasil belajar matematika sesudah diajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing. (3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada kelas XI SMK Negeri 1 Palopo setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing? (4) Bagaimana Efektivitas model pembelajaran Inquiry Terbimbing kelas XI SMK Negeri 1 Palopo. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Palopo yang terdiri atas lima kelas dan empat jurusan yaitu Marketing (pemasaran), administrasi perkantoran, akuntansi, Jasa Boga dan TKJ. Pemilihan satuan eksperimen menggunakan teknik Purposive sampling dan terpilihlah kelas Pemasaran 1. Data dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Selanjutnya data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan satistik inferensial yaitu dengan uji-t. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Rata- rata hasil belajar matematika siswa kelas SMK Negeri 1 Palopo sebelum diterapkan model pembelajaran tipe Inquiry Terbimbing berada pada kategori sangat rendah (2) Rata-rata hasil hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry Terbimbing berada pada kategori tinggi (3) Rata-rata aktivitas siswa kelas SMK Negeri 1 Palopo selama penerapan model pembelajaran Inquiry Terbimbing berada pada kategori aktif. (4) Respon siswa kelas SMK Negeri 1 Palopo setelah penerapan model pembelajaran Inquiry Terbimbing berada pada kategori cenderung positif. (5) Terdapat peningkatan hasil belajar matematika setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing berada pada kategori tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDKARMILA, Karmila, S.Pd., M.PdNIDN0923049001
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Scramble, snowball throwing.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:55
Last Modified: 15 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item