DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PALOPO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

ASRAL, RAHMANIAR (2021) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PALOPO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RAHMANIAR ARSAL-1601402074.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahmaniar Asral. 2020. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Palopo Melalui Model Pembelajaran Problem Posing (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Karmila). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Palopo melalui model Problem Posing. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Palopo sebanyak 2 kelompok, 1 subjek kelompok berkemampuan sedang, 1 subjek kelompok berkemampuan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari 3 soal uraian, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model Problem Posing, (3) Lembar Kerja Peserta Didik, (4) Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran, (5) Lembar Aktivitas Peserta Didik, (6) Pedoman Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik Kelompok Sedang pada LKPD 1 subjek mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah namun subjek masih kesulitan dalam indikator memeriksa kebenaran jawaban sedangkan pada LKPD 2 subjek sudah mampu memeriksa kebenaran jawaban tanpa perlu dibimbing. Pada subjek Kelompok Rendah subjek mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah namun subjek masih kesulitan dalam indikator memeriksa kebenaran jawaban serta tidak menuliskan kesimpulan akhir sedangkan pada LKPD 2 subjek sudah bisa memeriksa kebenaran jawaban dan mampu menuliskan kesimpulan akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDKARMILA, Karmila, S.Pd., M.PdNIDN0923049001
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran problem posing.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:49
Last Modified: 15 Nov 2021 02:49
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item