KHATIMAH, ANDI UMMUL (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 BUA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI GENDER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.
![]() |
Text
ANDI UMMUL KHATIMAH_1601402047.pdf Download (7MB) |
Abstract
Andi Ummul Khatimah, 2020. Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Bua Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Gender, (dibimbing oleh Salwah dan Jumarniati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Bua melalui model problem based learning (PBL) ditinjau dari gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan 1) tes kemampuan berpikir reflektif, 2) lembar kerja siswa. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir reflektif subjek laki-laki (BRL) dengan indikator reacting, comparing, dan contemplating pada tes masih perlu pendalaman dan pemahaman pada indikator comparing, dan contemplating agar lebih menguasai indikator tersebut. Kemampuan subjek BRL pada LKS pertemuan 1 dan 2 memenuhi dari ketiga indikator namun masih perlu pendalaman dan pemahaman yang lebih agar lebih menguasai indikator tersebut. Kemampuan berpikir reflektif subjek perempuan (BRP) dengan indikator reacting, comparing, dan contemplating pada tes masih perlu pendalaman dan pemahaman pada indikator comparing, dan contemplating agar lebih menguasai indikator tersebut. Kemampuan subjek BRP pada LKS pertemuan 1 dan 2 memenuhi dari ketiga indikator namun masih perlu pendalaman dan pemahaman yang lebih agar lebih menguasai indikator tersebut
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Reflektif, Model problem based learning (PBL), Gender. | |||||||||
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Tugas Akhir > Skripsi Tugas Akhir |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | mrs Dachliana Baderu | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:38 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:38 | |||||||||
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |