DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NUSANTARA MANCANI DITINJAU DARI SELF EFFICACY

ONELIA, ALFIRA (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NUSANTARA MANCANI DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ALFIRA ONELIA -1601402080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alfira Onelia. 2020. Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Nusantara Mancani Ditinjau Dari Self Efficacy (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Karmila). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa (2) Self Efficacy siswa tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini diaksanakan di SMP Nusantara Mancani. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nusantara Mancani yang terdiri dari satu siswa Self Efficacy tinggi, satu siswa Self Efficacy sedang dan satu siswa Self Efficacy rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari angket/koesioner, tes serta wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa Self Efficacy tinggi (ST) mampu 1. Mendeskripsikan masalah (dapat menginterpretasi suatu kasus berdasarkan konsep matematika yang terlihat), 2. Mengidentifikasi masalah (dapat mengidentifikasi konsep dan atau rumus matematika yang terlibat dalam soal matematika yang tidak sederhana), 3. Mengevaluasi (dapat mengevaluasi/ memeriksa kebenaran suatu argument berdasarkan konsep/sifat yang digunakan), 4. Membuat kesimpulan (dapat menarik analogi dari kasus). Kedua, siswa Self Efficacy sedang (SS) 1. Mampu mendeskripsikan masalah (dapat menginterpretasi suatu kasus berdasarkan konsep matematika yang terlihat), 2. Mampu mengidentifikasi masalah (dapat mengidentifikasi konsep dan atau rumus matematika yang terlibat dalam soal matematika yang tidak sederhana), 3. Kurang mampu mengevaluasi (tidak dapat mengevaluasi/memeriksa kebenaran suatu argument berdasarkan konsep/sifat yang digunakan), 4. Mampu membuat kesimpulan (dapat menarik analogi dari kasus). Selanjutnya, siswa Self Efficacy rendah (SR) 1. mampu mendeskripsikan masalah (dapat menginterpretasi suatu kasus berdasarkan konsep matematika yang terlihat), 2. Kurang mampu mengidentifikasi masalah (tidak dapat mengidentifikasi konsep dan atau rumus matematika yang terlibat dalam soal matematika yang tidak sederhana) 3. Tidak mampu mengevaluasi (tidak dapat mengevaluasi/memeriksa kebenaran suatu argument berdasarkan konsep/sifat yang digunakan), 4. Mampu membuat kesimpulan (dapat menarik analogi dari kasus).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDKARMILA, Karmila, S.Pd., M.PdNIDN0923049001
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir reflektif, Self Efficacy
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Nov 2021 02:42
Last Modified: 13 Nov 2021 02:42
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item