PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII UPT SMPN 2 SATAP SABBANG SELATAN

PABANE, LISDA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII UPT SMPN 2 SATAP SABBANG SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
LISDA PABANE-1501402082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lisda Pabane, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan. (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Fahrul Basir). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan dan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan sebelum dan setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing (2) Keterlaksanaan pembelajaran pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (3) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berada pada kategori sangat rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berada pada kategori tinggi; rata-rata keterlaksanaan pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berada pada pada kategori terlaksana dengan baik; hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada bagian one-sample t test, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDBASIR, Fahrul Basir, S.Pd.,M.PdNIDN0911088802
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing, kemampuan pemahaman konsep matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Nov 2021 02:13
Last Modified: 13 Nov 2021 02:13
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item