DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL TINGGI

NOVAYANTI, NOVAYANTI (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL TINGGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NOVAYANTI-1601402025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novayanti. 2020. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bua Berdasarkan Kemampuan Awal Tinggi. (dibimbing oleh Ma’rufi dan Rio Fabrika Pasandaran) Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 2 Bua pada materi bagun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan awal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bua yang berkemampuan awal tinggi sebanyak 2 orang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pada penelitian ini juga digunakan indtrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan awal yang terdiri dari 4 soal uraian dan 2 soal uraian untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menujukan kemampuan berpikir kritis kedua subjek berkemampuan awal tinggi tingkat dalam menyelesaikan soal bagun ruang sisi datar memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis yaitu: (1) memahami masalah dimana subjek kemampuan awal tinggi memahami soal bangun ruang sisi datar terlebih dahulu yaitu diketahui dan ditanyakan kemudian memahami masalah dengan kritis, mampu menangkap beberapa pokok pikiran dari masalah sehingga mampu mempola sebuah konsep. (2) menentukan cara untuk menangani masalah dimana subjek kemampuan awal tinggi dapat menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan soal dan mampu membuat rencana sesuai dengan prosedur dan mengarah pada solusi yang benar. (3) menganalisis dimana subjek kemampuan awal tinggi menyelesaikan soal dengan memasukkan semua yang diketahui kedalam rumus dan (4) menarik kesimpulan dimana subjek kemampuan awal tinggi membuat kesimpulan dari jawaban yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDPASANDARAN, Rio Fabrika Pasandaran, S.Pd., M.PdNIDN0916078902
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, bangun ruang sisi datar, kemampuan awal
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Nov 2021 02:07
Last Modified: 13 Nov 2021 02:07
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item