DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAEBUNTA BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL

MALINO, MELDA LIMMI (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAEBUNTA BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MELDA LIMMI MALINO-1601402078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Melda Limmi Malino.2020. Deskripsi kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi pola bilangan Kelas VIII SMP Negeri 2 Baebunta Berdasarkan Kecerdasan Emosional. (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Karmila). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi pola bilangan Kelas VIII SMP Negeri 2 Baebunta berdasarkan kecerdasa emosional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baebunta yang terdiri dari satu siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, satu siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan satu siswa dengan kecerdasan emosional rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari angket/koesioner, tes serta wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kecerdasan emosional tinggi(SKET) mampu 1. Situation (Mampu menyelesaikan masalah sesuai konteks permasalahan dan mampu menyelesaikan soal-soal matematika yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari), 2. Inference (Membuat kesimpulan dari informasi disertai langkah- langkah penyelesaian), 3. Reason (Mampu memberikan alasan tentang jawaban yang dikemukakan, 4. Subjek tidak mampu Reason (Mampu memberikan alasan tentang jawaban yang dikemukakan). Kedua, subjek kecerdasan emosioanl sedang (SKES) 1. Mampu Situation atau (Mampu menyelesaikan masalah sesuai konteks permasalahan dan mampu menyelesaikan soal-soal matematika yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari), 2. Tidak mampu Inference atau (Membuat kesimpulan dari informasi disertai langkah-langkah penyelesaian), 3. Mampu Reason atau (Mampu memberikan alasan tentang jawaban yang dikemukakan, 4. Subjek tidak mampu Reason atau (Mampu memberikan alasan tentang jawaban yang dikemukakan). Selanjutnya subjek kecerdasan emosioanl rendah (SKER), 1. Mampu Situation atau (Mampu menyelesaikan masalah sesuai konteks permasalahan dan mampu menyelesaikan soal-soal matematika yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari), 2. Tidak mampu Inference atau (Membuat kesimpulan dari informasi disertai langkah-langkah penyelesaian), 3. Tidak mampu Reason atau (Mampu memberikan alasan tentang jawaban yang dikemukakan, 4. Subjek tidak mampu Reason atau (Mampu memberikan alasan tentang jawaban yang dikemukakan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDKARMILA, Karmila, S.Pd., M.PdNIDN0923049001
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, berpikir kritis, pola bilangan
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Sains > Program Studi S1 Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:10
Last Modified: 12 Nov 2021 07:10
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item