MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRI SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 WALENRANG

MARDIANTI, BARETTE (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRI SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 WALENRANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MARDIANTI BARETTE-1601402023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mardianti Barette. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Inquiri Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Walenrang (dibimbing oleh Ma’rufi dan Rio Fabrika Pasandaran). Penelitian tindakan kelas dalam pendididkan dan pembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktek pemebelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil instruksional. Pendidikan matematika tidak lepas dari kehidupan sehari–hari, sehingga pembelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII.B pada mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Walenrang melalui pembelajaran inquiri. Desain Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penelitian ini dirancang dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B berjumlah 19 siswa. Instrumen penelitian yaitu (1) lembar observasi aktivitas siswa, (2) tes berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) tes berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran Matematika pada siswa kelas VII I.B di SMP Negeri 2 Walenrang. Melalui pembelajaran inquiridapat meningkatkan kemampuan berpikir kretaif siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VIII.B SMP Negeri 2 Walenrang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan berpikir kreatif siswa melalui tes siklus I, dan siklus II. Keberhasilan kemampuan berpikir siswa pada siklus I sebesar 47% sedangkan tingkat keberhasilan yang dicapai pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,473% atau hampir seluruh siswa dinyatakan berhasil dalam mata pelajaran matematika dengan melalui metode pembelajaran Inquiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDPASANDARAN, Rio Fabrika Pasandaran, S.Pd., M.PdNIDN0916078902
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inquiri, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:05
Last Modified: 12 Nov 2021 07:05
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item