PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PALOPO

ASRIANTI, ASRIANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ASRIANTI-1601402026.pdf

Download (943kB)

Abstract

Asrianti. 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo (dibimbing oleh Ma’Rufi dan Rio Farika Pasandaran). Permasalahan yang dikaji dalamPenelitian ini adalah rendahnya nilai kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswakelas VIII SMP Negeri 5 Palopo yang berada dibawah KKM sebelum penerapan model pembelajaran kooperatit tipe Jigsaw yang dilihat dari hasil ulagan harian siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui; (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa. Sehingga dapat diketahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa setelah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain One - Group Pretest Posttest Design, adapun populasi pada penelitian ini ialah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo yang ditentukan dengan teknik porposive sampling. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan memanfaatkan program SPSS. Sehingga diperoleh: (1) hasil kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 43,90 dan setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 78,52 dan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siwa setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) kemandirian belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pertemuan ke I sampai pertemuan ke III memenuhi kriteria efektifitas kemandirian belajar siswa dengan perolehan minimum persentase yaitu 70% kecuali pada indikator inisiatif pada pertemuan pertama dengan persentase 69,06% dengan kategori kurang baik dan pada indikator disiplin pada pertemuan ke-3 dengan rata-rata persentase 69,38% dengan kategori kurang baik.(3) aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori aktif dengan skor rata- rata 3,52, (4) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori terlaksana dengan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 94.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDPASANDARAN, Rio Fabrika Pasandaran, S.Pd., M.PdNIDN0916078902
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif; Jigsaw; kemampuan komunikasi matematis, kemandirian belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:00
Last Modified: 12 Nov 2021 07:00
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item