HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PALOPO PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

PRASETIA, APRILA STANIS (2020) HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PALOPO PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
APRILA STANIS PRASETIA (1601402090).pdf

Download (11MB)

Abstract

Aprila Stanis Prasetia, 2020. Hypothetical Learning Trajectory Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Palopo pada Materi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, (dibimbing oleh Salwah dan Karmila). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hypothetical learning trajectory peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Palopo melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan 1) peneliti, 2) lembar kerja peserta didik, 3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, 4) lembar observasi aktivitas peserta didik, dan 5) pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation mendukung untuk melihat hipotesis lintasan belajar peserta didik dan selain itu, alur berpikir peserta didik tidak jauh berbeda dengan hipotesis lintasan belajar yang dibuat oleh peneliti. Alur berpikir kelompok peserta didik aktif pada materi trigonometri, menunjukkan bahwa peserta didik memahami dan menyelesaikan soal sesuai dengan prosedur pengerjaan soal walaupun ada sedikit kesalahan. Alur berpikir kelompok peserta didik sedang pada materi trigonometri, menunjukkan bahwa peserta didik memahami dan mengerjakan soal walaupun masih mengalami kekeliruan dan masih terdapat jawaban yang kurang tepat. Adapun alur berpikir kelompok peserta didik tidak aktif pada materi trigonometri, menunjukkan bahwa peserta didik memahami dan menyelesaikan soal walaupun masih terdapat kesalahan pada hasil jawabannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSALWAH, Salwah, S.Pd., M.PdNIDN0916108901
UNSPECIFIEDKARMILA, Karmila, S.Pd., M.PdNIDN0923049001
Uncontrolled Keywords: Hypothetical Learning Trajectory, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Trigonometri.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Nov 2021 06:54
Last Modified: 12 Nov 2021 06:54
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item