PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP NEGERI 2 PALOPO

WAHDINI, WAHDINI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP NEGERI 2 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
WAHDINI-1601402027.pdf

Download (757kB)

Abstract

Wahdini,2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Nurwahidin Ashari). Dalam proses pembelajaran, penggunaan model pembelajaran dapat membantu kemampuan pemahaman siswa, terutama dalam memahami konsep sehingga siswa menjadi lebih jelas dalam memahami materi pembelajaran.Penggunaan Model Pembelajaran Scramble, sebagai gagasan atau ide penelitian merupakan salah satu sarana pendukung dalam proses pembelajaran yang diterapkan pada SMP Negeri 2 Palopo, karena Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Dalam pembelajaran ini semua siswa terlibat dalam kerja sama pembelajaran, kegiatan tersebut dapat mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Desaign yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Palopo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilihlah satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII B. Data yang dikumpulkan terdiri atas Kemampuan pemahaman konsep matematis, dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.Berdasarkan kriteria keefektifan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa setelah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDASHARI, Nur Wahidin Ashari, S.Pd., M.PdNIDN0902068901
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif TipeScramble, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Nov 2021 06:48
Last Modified: 12 Nov 2021 06:48
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item