PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO

RANDA, RINDA (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RINDA RANDA-1601402018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rinda Randa. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo (dibimbing oleh Ma’rufi dan Rio FabrikaPasandaran). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group design yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan tipe Group Investigation (GI). Satuan eksperimen penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo.Pemilihan kelas eksperimen dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak untuk menentukan kelas eksperimen. Kelas eskperimen 1 kelas 7b di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan kelas eksperimen 2 kelas 7e di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berada pada kategori tinggi. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) berada pada kategori tinggi. (3) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berada pada kategori berhasil. (4) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) berada pada kategori berhasil. (5) Aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berada pada kategori aktif. (6) Aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) berada pada kategori aktif. (7) Respon siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berada pada kategori cenderung posistif. (8) Respon siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) berada pada kategori posistif. (9) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDPASANDARAN, Rio Fabrika Pasandaran, S.Pd., M.PdUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Number Head Together (NHT), Group Investigation (GI)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Nov 2021 06:31
Last Modified: 12 Nov 2021 06:31
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item