PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 PALOPO

HALIM, RACHMAT FAJAR (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RACHMAT FAJAR ALIM-1501402150.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rachmat Fajar Halim. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keyakinan Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Palopo. (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Nur Wahidin Ashari). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kecerdasan emosional siswa (2) keyakinan diri (self efficacy) siswa (3) pemecahan masalah matematika siswa. (4) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (5)untuk mengetahui pengaruh keyakinan diri (self efficacy) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (6) untukmengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan keyakinandiri(self efficacy) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Palopo. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2020 yang terdiri dari 50 subjek. Jenis penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah jenis penelitian ex post factodan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis dalam bentuk uraian dan pengisian kuesioner dengan indikator yang telah ditentukan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program pengolahan data statistic yaitu software IBM SPSS statistics. Analisis data dilakukan yakni dengan uji analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial, analisis statistika inferensial terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil analisis statistika deskripsi menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMPN 10 Palopo sebagian besar berada pada kategori sedang. Hasil analisis statistika deskripsi keyakinan diri (self efficacy) siswa kelas VIII SMPN 10 Palopo sebagian besar berada pada kategori sedang. Untuk hasil analisis statistika deksripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Palopo sebagian besar berada pada kategori tinggi. Adapun hasil penelitian ini memperoleh bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemecahan masalah, terdapat pengaruh keyakinan diri (Self efficacy) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan keyakinan diri (self efficacy) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Serta terdapat pengaruh yang diberikan kecerdasan emosional dan keyakinan diri (self efficacy) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika jika dilakukan bersama-sama adalah sebesar 33,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDASHARI, Nur Wahidin Ashari, S.Pd., M.PdNIDN0902068901
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, keyakinan diri (self efficacy), kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:16
Last Modified: 11 Nov 2021 07:16
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item