PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUA PONRANG

JATORANI, MONIKA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUA PONRANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MONIKA JATORANI-1601402049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Monika Jatorani. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang (dibimbing oleh Ma’rufi dan Fitriani A). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one-grup pretest-posttest design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Satuan eksperimen penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang. Pemilihan kelas eksperimen dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel tidak secara acak, tetapi ditentukan oleh guru dengan pertimbangan tertentu untuk menentukan kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan terdiri atas data kemampuan pemecahan masalah, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) berada pada kategori tinggi. (2) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) berada pada kategori sangat baik. (3) Aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) berada pada kategori sangat aktif. (4) Respon siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) berada pada kategori aktif. (5) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan kriteria pengaruh dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDFITRIANI, Fitriani A., S.Pd., M.PdNIDN0905098701
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament (TGT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:24
Last Modified: 11 Nov 2021 07:00
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item