DESKRIPSI AKTIVITAS SISWA GAYA BERPIKIR KONKRET DAN GAYA BERPIKIR ABSTRAK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BUA

KIKI, KIKI (2020) DESKRIPSI AKTIVITAS SISWA GAYA BERPIKIR KONKRET DAN GAYA BERPIKIR ABSTRAK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KIKI -1601402061.pdf

Download (709kB)

Abstract

Kiki. 2020.Deskripsi Aktivitas Siswa Gaya Berpikir Konkret dan Gaya Berpikir Abstrak Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bua (dibimbing oleh Ma’rufi dan Aswar Anas) Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1). AktiVitas siswa gaya berpikir konkret dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi garis dan sudut. (2). Aktivitas siswa gaya berpikir abstrak dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi gari dan sudut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua sebanyak 2 orang dengan gaya berpikir konkret dan gaya berpikir abstrak. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes gaya berpikir untuk mengetahui jenis gaya berpikir siswa, (2) soal LKS berupa uraian yang terdii dari 2 jenis yaitu soal LKS untuk siswa yang memiliki gaya berpikir konkret dan soal LKS untuk siswa yang memiliki gaya berpikir absrarak, (3) pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menujukan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran kedua subjek dalam mengerjakan soal garis dan sudut dengan diterapkannya model pembelajaran TPS memenuhi semua tahap model pembelajaran yaitu: (1) (Think) dimana kedua subjek memikirkan terlebih dahulu secara individu soal garis dan sudut mengenai hubungan antara titik, garis dan bidang yaitu diketahui dan ditanyakan kemudian mencari jawaban sendiri. (2) (Pair) dimana kedua subjek melakukan diskusi dengan pasangan masing-masing tentang soal garis dan sudut mengenai hubungan antara titik, garis dan bidang sehingga dapat menemukan solusi dalam menyelesaikan dan menjawab soal dengan benar. (3) (share) dimana kedua subjek menyampaikan hasil diskusinya kepada seluruh teman sekelas dengan menuliskan jawaban soal garis dan sudut mengenai hubungan antara titik, garis dan bidang di papan tulis dan menjelaskannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDANAS, Aswar Anas, S.Pd., M.PdNIDN0906078802
Uncontrolled Keywords: Aktifitas gaya berpikir konkret dan gaya berpikir abstrak, Model Pembelajaran TPS
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:19
Last Modified: 11 Nov 2021 07:02
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item