PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN RANTE DAMAI KABUPATEN LUWU

RUSTI, HISKIA (2020) PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN RANTE DAMAI KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HIZKIA RUSTI-1501412098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hizkia Rusti. 2020. Perbandingan antara Model Pembelajaran Inquirydengan Model Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Kristen Rante Damai Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Khaerati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model pembelajaran inquirydengan model pembelajaran discoveryterhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Kristen Rante Damai Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen yang terdiri dari dua kelompok eksperimen.Penelitian inididesain dengan menggunakan Non-Equivalent control group design.Teknik pengambilan sampelPurpossive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif berupa data hasil belajar dan data keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan statistika inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan rumus anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Kristen Rante Damai sebelum penerapan model pembelajaran Inquiryberada pada kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 51,93. Adapun setelah penerapan model pembelajaran Inquiryberada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata mencapai 76,78.Hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Kristen Rante Damai sebelum penerapan model pembelajaran discovery learningberada pada kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 48,13. Adapun setelah penerapan model pembelajaran discovery learningberada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata mencapai 71,65.Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model pembelajaran Inqury dengan siswa yang diajarkan menggunakan modela pembelajaran Discovery pada peserta didik kelas VIII..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDKHAERATI, Khaerati, S.Pd.,M.PdNIDN0914028901
Uncontrolled Keywords: Inquiry, discovery,hasil belajar biologi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:13
Last Modified: 11 Nov 2021 03:13
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item