PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 LUWU UTARA

M. AHYAR, M. AHYAR (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
M. AHYAR 1501412033.pdf

Download (6MB)

Abstract

M. Ahyar, 2020. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Setelah Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Groub Investigation pada Siswa XI SMAN 16 Luwu Utara (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Akhmad Syakur). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi setelah penerapan model pembelajaran times games tournament dengan group investigation pada siswa XI SMAN 16 Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitin ini adalah siswa kelas XI MIPA I dan MIPA II SMAN 16 Luwu Utara tahun ajaran 2019/2020. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes hasil belajar IPA Biologi (pretest dan posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan statistika inferensial. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana baik, rata-rata nilai hasil belar siswa kelas XI MIPA I SMAN 16 Luwu Utara dengan menerapkan model teams games tournament berada pada kategori tinggi. Pada siswa kelas MIPA II SMAN 16 Luwu Utara dengan menerapkan model groub investigation berada pada kategori sedang. Hasil analisis statistika inferensial dan menggunakan uji t-independent sample t test diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menerapkan model pembelajaran teams games tournament dengan group investigation pada siswa kelas XI MIPA I dan II SMAN 16 Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDSYAKUR, Akhmad Syakur, S.Pd., M.ScNIDN0915028701
Uncontrolled Keywords: pengaruh, keterlaksanaan pembelajaran, model teams game tournament, model group investigation, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:41
Last Modified: 11 Nov 2021 02:41
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item