PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALOPO

PITER, FRICHILIA DELPI (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
FRICHILIA DELPI PITER -1601412028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Frichilia Delpi Piter. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Palopo (Dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Nur Muhajirah Yunus). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Index Card Match terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Palopo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 6 Palopo dengan jumlah 111 siswa yang terdiri dari 4 ruang belajar. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 yang berjumlah 28 orang dengan teknik yang digunakan dalam memilih sampel adalah teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Palopo. Hasil belajar biologi siswa berdasarkan analisis deskriptif didapatkan nilai rata-rata sebelum menerapkan model pembelajaran Index Card Match yaitu 43,75 yang berada pada kategori kurang sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Index Card Match adalah 86,96 yang berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas diperoleh nilai probabilitas taraf signifikansi data pretest adalah ,095 dan posttest ,116. Hasil pengujian homogenitas diperoleh nilai taraf signifikansi probabilitas ,502 ini berarti (Sighitung˃0,05) yang artinya data pada penelitian ini memiliki variansi yang homogen. Pada uji hipotesis nilai pada output independent sample T-test diperoleh nilai Thitung (21,700) > ttabel (2,056) dan nilai signifikansi sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dalam uji independent sample T-test yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDYUNUS, Nur Muhajirah Yunus, S.Pd., M.Kes.NIDN0914088802
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:06
Last Modified: 11 Nov 2021 02:06
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item