PENGARUH MODEL KONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM LAPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA MATERI TUMBUHAN PTERIDOPHYTA DI SMA NEGERI 8 LUWU UTARA

YUNISA, YUNISA (2020) PENGARUH MODEL KONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM LAPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA MATERI TUMBUHAN PTERIDOPHYTA DI SMA NEGERI 8 LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
yunisa 1811412049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yunisa, 2020. Pengaruh model pembelajaran kontekstual Teaching and Learning berbasis praktikum lapang terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X pada materi tumbuhan Pteridophyta di SMA Negeri 8 Luwu Utara (Dibimbing oleh Rusdiana Junaid, dan Akhmad Syakur). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kontekstual Teaching and Learning berbasis praktikum lapang pada materi Pteridophyta (tumbuhan paku) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar Biologi (pretest dan posttest). Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling (pemilihan sampel tanpa diacak atau pemilihan secara langsung). Hasil belajar biologi siswa berdasarkan analisis deskriptif didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Luwu Utara. yang diajarkan dengan model kontekstual Teaching and Learning berbasis praktikum lapang yaitu 84,07 dan berada pada kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol setelah diajarkan dengan menggunakan model ceramah yaitu 77,00 dan berada pada kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial yang menggunakan uji independent sampel t-test diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kontekstual Teaching and Learning berbasis praktikum Lapang pada materi Pteridophyta (tanaman paku) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDSYAKUR, Akhmad Syakur, S.Pd., M.ScNIDN0915028701
Uncontrolled Keywords: Kontekstual Teaching and Learning bebasis praktikum lapang, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:00
Last Modified: 10 Nov 2021 04:00
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item