PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI MIPA SMA MUHAMMADIYAH PALOPO

BAYONET, BAYONET (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI MIPA SMA MUHAMMADIYAH PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Bayonet_1601412109.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bayonet. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Palopo (dibimbing oleh Ma’rufi dan Khaerati). Penelitian ini bertujuan mengetahui “Hasil Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Palopo”. Jenis penelitian R&D (Research and Development) yang mengacu pada desain penelitian Hannafin and Peck (1988) yang terdiri dari tiga fase yaitu analisis kebutuhan, perancangan serta pengembangan dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis joyful learning pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Palopo dinyatakan; (1) valid dengan nilai rata-rata total kevalidan adalah 4,27, dengan persentase nilai kevalidan 85,4% berada pada kategori sangat valid (2) persentase respon guru terhadap modul pembelajaran berbasis joyful leraning dengan nilai rata-rata 4,25, dengan persentase nilai 85% berada pada kategori sangat praktis, (3) persentase respon siswa terhadap modul berbasis joyful learning dengan nilai rata-rata 4,68, dengan persentase nilai 93,6% yang berada pada kategori sangat praktis (4) persentase nilai hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 4,78, dengan persentase nilai 95.6% berada pada kategori sangat praktis. Kategori ini menunjukkan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis joyful learning valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDKHAERATI, Khaerati, S.Pd.,M.PdNIDN0914028901
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Joyful Learning
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:32
Last Modified: 08 Nov 2021 07:32
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item