PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

SARI, WATI RATNA (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
WATI RATNA SARI 1601412027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Andayani.2020. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Luwu. (Dibimbing oleh Ma’rufi, dan Fitrah Al-Anshori.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest Design, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi (pretest dan posttest). Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling.Hasil belajar biologi siswa berdasarkan analisis deskriptif didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Luwu yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided discovery learning yaitu 80,29 dan berada pada kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial yang menggunakan uji independent sample t-test diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Luwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDANSHORI, Fitrah Al Anshori, S.Pd.,M.PdNIDN0907079002
Uncontrolled Keywords: Guided discovery learning, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:31
Last Modified: 08 Nov 2021 04:31
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item