EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO

LENI, LENI (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
LENI 1601412006.pdf

Download (1MB)

Abstract

LENI. 2020. Efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo (dibimbing oleh Asri dan Fitrah Al Anshori). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Palopo dengan metode quasi experimet yang menggunakan desain pretest- postestnonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal yang telah diuji deskriptif dan inferensial. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji independent samples test memperoleh nilai signifikasi kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorASRI, Dr.H. Asri, M.PdNIDN0031126403
UNSPECIFIEDANSHORI, Fitrah Al Anshori, S.Pd.,M.PdNIDN0907079002
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, sistem ekskresi, hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:05
Last Modified: 08 Nov 2021 04:05
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item