PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM DIINTEGRASIKAN DALAM PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI PLANTAE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 LUWU TIMUR

IRMAWATI, IRMAWATI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM DIINTEGRASIKAN DALAM PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI PLANTAE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 LUWU TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
IRMAWATI_1601412100.pdf

Download (3MB)

Abstract

Irmawati, 2020. Pengaruh Penggunaan Media Herbarium Diintegrasikan Dalam Pembelajaran Grup Investigation (GI) Pada Materi Plantae Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Luwu Timur (dibimbing oleh Ma’rufi dan Khaerati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media herbarium diintegrasikan dalam pembelajaran Grup Investigation (GI) pada materi plantae terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 13 Luwu Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian eksperimen, desain penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik simple random sampling. Hasil belajar siswa berdasarkan analisis statistik deskriptif didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 13 Luwu Timur yang dibelajarkan dengan media herbarium yang diintegrasikan dalam pembelajaran Grup Investigation (GI) yaitu 87.17 yang berada pada kategori tinggi. Rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Power Point yaitu 82.80 juga berada pada kategori tinggi. Analisa statistika inferensial yang menggunakan uji hipotesis diperoleh data siswa bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 13 Luwu Timur yang dibelajarkan dengan media herbarium yang diintegrasikan dalam pembelajaran Grup Investigation (GI) dan siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 13 Luwu Timur yang dibelajarkan dengan media Power Point pada materi Plantae dengan perolehan nilai p (0.000) < α (0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDKHAERATI, Khaerati, S.Pd.,M.PdNIDN0914028901
Uncontrolled Keywords: Herbarium, GI (Grup Investigation)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:39
Last Modified: 08 Nov 2021 03:39
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item