PPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SMA NEGERI 1 PALOPO

KOMANG INDAH SARI, KOMANG INDAH SARI (2020) PPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SMA NEGERI 1 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KOMANG INDAH SARI- (1601412064).pdf

Download (3MB)

Abstract

Komang Indah Sari. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi dan Pemahaman Belajar Siswa Pada Materi Animalia Kelas X SMA Negeri 1 Palopo. (Dibimbing oleh Muhammad Ilyas, dan Akhmad Syakur.) Masalah penelitian ini adalah motivasi dan pemahaman belajar siswa belum optimal, maka perlu model pembelajaran Reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi animalia terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eskperimen dan bentuk desainnya nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa dan tes pemahaman belajar siswa (pretest dan posttest). Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Motivasi belajar siswa pada kelas kontrol sebelum pembelajaran memiliki skor rata-rata sebesar 68,11 dan setelah pembelajaran skor rata-rata yang diperoleh sebesar 69,69 dan berada pada kategori tinggi dengan interval motivasi 61-80. Pada kelas eksperimen skor rata-rata motivasi belajar siswa sebelum pembelajaran sebesar 66,14 dan setelah pembelajaran diperoleh skor rata-rata motivasi sebesar 70,08 dan berada pada kategori tinggi dengan interval motivasi 61-80. Pemahaman belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 38,79 setelah pembelajaran diperoleh nilai posttest rata-rata yaitu 73,64 dan berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata nilai pretest siswa pada kelas eksperimen sebesar 39,09 dan nilai posttest kelas eksperimen setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal teaching yaitu 79,70 dan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis nilai Sig (2-tailed) 0,000 < ɑ (0,05), hal ini menunjukkan bahwa HO ditolak dan H1diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal teaching terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa pada materi animalia kelas X SMA Negeri 1 Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDSYUKUR, Akhmad Syakur, S.Pd., M.ScNIDN0915028701
Uncontrolled Keywords: Reciprocal teaching, motivasi belajar, pemahaman belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:15
Last Modified: 08 Nov 2021 03:15
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item