PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 LUWU

YOHANIS, DAMIS BIN (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
DAMIS BIN YOHANIS (1601412031).pdf

Download (3MB)

Abstract

Damis Bin Yohanis. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Luwu (dibimbing oleh Ma’rufi dan Sukmawati Syam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tipe survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian Kelas XI IPA 3 sebanyak 31 siswa dan kelas XI IPA 2 sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif berupa data hasil belajar dan data keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan statistika inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Luwu sebelum penerapan model pembelajaran SQ3R berada pada kategori sangat rendah dengan skor rata-rata 46,71. Sedangkan setelah penerapan model pembelajaran SQ3R berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 82,45. Hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Luwu sebelum penerapan model pembelajaran langsung berada pada kategori sangat rendah dengan skor rata-rata 46,33. Sedangkan setelah penerapan model pembelajaran langsung berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 77,07. Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Tipe SQ3R dengan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Luwu, pada α = 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDSYAM, Sukmawati Syam, S.Si., M.PdNIDN0904118802
Uncontrolled Keywords: SQ3R, hasil belajar biologi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:55
Last Modified: 08 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item