EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOPO

AWALIYA, AINAYA (2020) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
AINAYA-1601402007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ainaya Awaliya. 2020. Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Palopo (dibimbing oleh Ma’rufi dan Fitriani A). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dengan metode tutor sebaya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo, dengan kriteria keefektifan (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model problem based learning dengan metode tutor sebaya, (2) aktivitas belajar siswa selama diajar dengan menggunakan model problem based learning dengan metode tutor sebaya, (3) respon siswa setelah diajar dengan menggunakan model problem based learning dengan metode tutor sebaya, (4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diajar dengan model problem based learning dengan metode tutor sebaya. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilihlah satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 4. Berdasarkan kriteria keefektifan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dengan metode tutor sebaya efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDFITRIANI, Fitriani A., S.Pd., M.PdNIDN0905098701
Uncontrolled Keywords: efektivitas, problem based learning, tutor sebaya, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:58
Last Modified: 19 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item