PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO

UTAMI. A, BELLA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
BELLA UTAMI _1601402020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bella Utami A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo (dibimbing oleh Ma’rufi dan Rio Fabrika Pasandaran). Pendidikan matematika masih dianggap sulit oleh sebagian siswa, sehingga masih banyak yang kurang memahami konsep dengan benar. Dalam pembelajaran siswa diarahkan pada pengembangan kemampuan koneksi antar berbagai ide, memahami keterkaitan satu sama lain sehingga terbangun pemahaman menyeluruh, dan menggunakan matematika dalam konteks diluar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Desaign yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilihlah satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 1. Data yang dikumpulkan terdiri atas pemahaman konsep matematis, aktivitas siswa, respon siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) pemahaman konsep matematis siswa sebelum diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kategori sangat rendah dan setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kategori sedang, (2) aktivitas siswa selama diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kategori sangat aktif, (3) respon siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kategori cenderung positif, (4) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik, dan (5) terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDPASANDARAN, Rio Fabrika Pasandaran, S.Pd., M.PdNIDN0916078902
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, group investigation, pemahaman konsep matematis.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:53
Last Modified: 19 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item