EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO

HERMAN, HERMAN (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HERMAN_1601402014_opt.pdf

Download (4MB)

Abstract

Herman. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo (dibimbing oleh Ma’rufi dan Fitriani A). Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh sulitnya siswa dalam memahami soal matematika, pemilihan strategi pemecahan masalah yang kurang tepat dan pelaksanaan penyelesaian masalah yang masih keliru. Oleh sebab itu pemilihan model pembelajaran yang tepat akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Palopo. Data yang dikumpulkan terdiri atas kemampuan pemecahan masalah, aktivitas siswa, respon siswa, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa saat pretest berada pada kategori sangat rendah dan posttest berada pada kategori tinggi, (2) aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif, (3) respon siswa berada pada kategori cenderung positif, (4) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning, (5) dan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDFITRIANI, Fitriani A., S.Pd., M.PdNIDN0905098701
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, pembelajaran berbasis masalah, brain based learning.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:17
Last Modified: 19 Oct 2021 03:17
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item