DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS AWAL SISWA BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUA

NIRMALASARI, NIRMALASARI (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS AWAL SISWA BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NIRMALASARI-1601402088.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nirmalasari. 2020. Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Awal Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 1 Bua. (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Fahrul Basir) Masalah penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis awal siswa masih belum optimal Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep awal siswa SMP Negeri 1 Bua pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Bua yang berjumlahkan 2 orang, 1 subjek perempuan dan 1 subjek laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep subjek perempuan dan subjek laki-laki. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan awal yang terdiri dari 3 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep kedua subjek dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar telah memenuhi semua indikator pemahaman konsep yaitu: (1) menyatakan ulang setiap konsep (2) Memberikan contoh dan non contoh dari konsep. (3) Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya serta (4) Menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDBASIR, Fahrul Basir, S.Pd.,M.PdNIDN0911088802
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep, bangun ruang sisi datar, kemampuan awal dan gender.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:12
Last Modified: 19 Oct 2021 03:12
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item