KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO

WIDIANI, KADEK (2020) KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KADEK WIDIANI (1601402012).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kadek Widiani 2020. Komparasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo (dibimbing oleh Salwah dan Jumarniati). Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. Satuan eksperimen penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilihlah dua kelas yang homogen. Kelas eskperimen 1 yaitu kelas 7A di ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen 2 yaitu kelas 7D di ajar dengan model pembelajaran Discovery Learning. Data yang dikumpulkan terdiri atas data pemahaman konsep, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo sebelum diajar dengan model pembelajaran PBL dan discovery learning berada pada kategori rendah. (2) Pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo setelah diajar dengan model pembelajaran PBL dan discovery learning berada pada kategori tinggi. (3) terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dan discovery learning. (4) pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada siswa yang diajar dengan discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSALWAH, Salwah, S.Pd., M.PdNIDN0916108901
UNSPECIFIEDJUMARNIATI, Jumarniati, S.Pd., M.PdNIDN0922078802
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Discovery Learning, Problem Based Learning.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:06
Last Modified: 19 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item