PENERAPAN G-HOP PADA KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 2 SATAP SABBANG SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN CABUT

KALATONG, IRPA (2020) PENERAPAN G-HOP PADA KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 2 SATAP SABBANG SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN CABUT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
IRPA KALATONG- (1601403035).pdf

Download (1MB)

Abstract

Irpa Kalatong. 2020. Penerapan G-Hop pada Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan Menggunakan Media Papan Cabut (dibimbing oleh Harsia dan Besse Herdiana). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dengan desain the one group pretest-postest. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan G-Hop pada kemampuan berbicara siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan dengan menggunakan media papan cabut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berbentuk pretest dan posttest sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian pada kemampuan berbicara siswa sebelum penerapan G-Hop menggunakan media papan cabut (pretest) klasifikasi pada tingkat belajar yang mendapat nilai ≥ 75 berjumlah 3 siswa atau 17,06% sedangkan klasifikasi pada tingkat belajar setelah menerapkan G-Hop menggunakan media papan cabut posttest yang mendapat nilai ≥ 75 berjumlah 15 siswa atau 88,24%. Dengan demikian, kemampuan berbicara siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Satap Sabbang Selatan setelah menerapkan G-Hop menggunakan media papan cabut telah memadai atau berhasil apabila dikonfirmasikan dengan nilai KKM sekolah pada mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu siswa dinyatakan mampu apabila siswa mencapai 85% yang memperoleh nilai ≥ 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHARSIA, Dr. Hj. Harsia, M.HumNIDN0930127101
UNSPECIFIEDHERDIANA, Besse Herdiana, S.S., M.HumNIDN0924058801
Uncontrolled Keywords: berbicara; g-hop; media papan cabut
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:49
Last Modified: 18 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item