KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALOPO

NURFAZILAH, NURFAZILAH (2020) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NURFAZILAH -1601403063.pdf

Download (2MB)

Abstract

NURFAZILAH. 2020. Keefektifan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI. SMA Negeri 6 Palopo (dibimbing oleh Sehe Madiamin dan M. Zulham). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI. MIA 1 SMA Negeri 6 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksprimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini One group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumblah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes hasil belajar, lembar aktivitas siswa dan angket respon siswa. Hasil keefektifan menulis cerpen siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Palopo pada saat pemberian pretest (tanpa menggunakan model Mind Mapping) dikelas berada pada kategori sangat rendah dan memperoleh nilai rata-rata yaitu 56,32. Siswa yang memperoleh nilai ≤ 70 (tuntas) yakni 19 siswa atau 86,1% dan siswa yang memperoleh nilai ≥70 (tidak tuntas) yakni 3 siswa atau 13,5% pada saat pemberian pretest (sebelum penerapan model Mind Mapping). Hasil keefektifan model Mind Mapping dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Palopo pada saat setelah pemberian posttest (menggunakan model Mind Mapping) dikelas berada pada kategori tinggi dan memperoleh nilai rata-rata yaitu 54,4% siswa yang memperoleh nilai ≤75 (tuntas) dan siswa yang memperoleh nilai ≥70 0%, maka dari nilai rata-rata di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan hasil belajar siswa Kelas XI MIA.1 SMA Negeri 6 Palopo setelah penerapan model Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDZULHAM, M. Zulham, S,Pd., M.PdNIDN0931038003
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping pembelajaran menulis cerpen.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:34
Last Modified: 18 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item