PENGARUH GADGET TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

ASWANDI, ASWANDI (2020) PENGARUH GADGET TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ASWAND-1601403066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aswandi S, 2018.. pengaruh gadget terhadap minat dan prestasi belajar mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas cokroaminoto palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh gadget terhadap mina tdan prestasi belajar mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia universitas cokroaminoto palopo. Jenis penelitian ini adalah jenis korelasional. Variable yang diamati dalam penelitian ini variable X adalah penggunaan gadget sebagai variable bebas sedangkan variable Y adalah minat belajar mahasiswa sebagai variable terikat, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 35 orang mahasiswa. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling (sampel secara sengaja) dengan pertimbangan jumlah yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan analisis. Oleh karena itu dalam penelitian ini desain penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan dua jenis angket yaitu angket penggunaan gadget dan angket minat belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistic deskriptif jenis korelasi product moment, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar mahasiswa yang diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Berdasarkan penyajian hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gadget terhadap minat dan prestasi belajar mahasiswa dikategorikan korelasi tinggi. Hal ini dinyatakan bahwa yang mendapat nilai t hitung adalah 2.153 sedangkan t table adalah 1.687 dengan batas signifikasi 78%. Artinya bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t table, yakni 2.153 ˃ 1.687. Jadi penelitian tentang pengaruh penggunaan gadget terhadap minat dan prestasi belajar mahasiswa diterima yang berarti terdapat korelasi antara nilai-nilai penggunaan gadget dengan minat belajar mahasiswa. Dalam hal ini ada pengaruh gadget dengan minat dan prestasi belajar mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas cokroaminoto Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKARTINI, Dr. Kartini, M.PdNIDN0926018303
UNSPECIFIEDRUSPA, Abd. Rahim Ruspa, S.Pd., M.PdNIDN0930098802
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, minat belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:29
Last Modified: 18 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item